Masjid Mujahidin, sebuah oase di tanah Khatulistiwa

Last story dari tanah Khatulistiwa..




Jadi setiap dinas luar ke daerah baru, saya berusaha menyempatkan diri shalat di masjid Raya atau masjid Agung di wilayah yang saya kunjungi. Nah kemaren dulu ketika berkesempatan mengunjungi tanah Khatulistiwa, bumi Pontianak, saya mampir ke masjid Raya Mujahidin Pontianak. JL. A.Yani, Kec.Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Prov.Kalimantan Barat.




Masjidnya baru dan bagus, ramee pula jamaahnya. Seperti kebanyakan masjid baru, catnya baru berwarna putih bersih, lingkungan dan toiletnya pun bersih, ruangan-ruangan di lantai bawah masjid terlihat rapi dan tertata, parkirannya pun luas dan memudahkan jamaah yang membawa kendaraan.






Langit-langit masjid dihiasi kaligrafi yang terukir indah, ruangan di dalam masjid terasa dingin dan sejuk, dengan lantai beralas karpet yang empuk dan wangi.

Pas saya kesana, waktunya pas mau shalat dhuhur. Dan itu masjidnya rame, penuh banget sama anak-anak sekolahan. Anak SD, SMP dari sekolah di sekitar masjid yang akan melakukan shalat dhuhur berjamaah. 


Sepertinya kegiatan shalat berjamaah ini diwajibkan oleh pihak sekolahnya, saya melihat beberapa guru mengawasi bahkan mengabsen kehadiran siswanya. Siswi yang sedang berhalangan tetap harus ikut hadir meski hanya menunggu di teras masjid.

Setelah selesai shalat, anak lelaki berlarian dengan gembira, anak perempuan melipat mukena dengan rapi kemudian berbondong-bondong keluar dari masjid. Duh, adem bener hati saya liat yang begitu.. hehe..


Alhamdulillah, saya seneng bisa mengunjungi kota Khatulistiwa ini. Banyak hal baru yang saya lihat, dengar dan rasakan. Banyak cerita yang bisa disampaikan ulang, banyak hal yang bisa dilihat. 

Oh, dan disini saya beli oleh-oleh sari Lidah Buaya buat temen-temen kantor, gak tau sih gimana rasanya wong saya nggak makan, tapi katanya temen-temen sih enak. Saya juga sempet makan di rumah makan Padang yang pemiliknya beneran orang Minang, uenaaak ternyata! Beda sama warung Padang-Jawa di Jakarta yang rasa masakannya udah blasteran, disesuaikan dengan selera pembelinya.

Selamat tinggal Pontianak. Semoga kapan-kapan bisa kesana lagi..


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Joger dan Krisna, pilih mana?

Christine Klappertaart, oleh-oleh nikmat khas Manado yang wajib banget dibawa pulang

Berkunjung ke SD Muhammadiyah Gantong (meski hanya replika)