Manado,



Honestly, berwisata di Manado membutuhkan budget yang lumayan besar, lebih besar daripada mbolang di Bali. Hal ini salah satunya disebabkan oleh sulitnya mencari transportasi murah untuk mbolang, misalnya sepeda motor. Penyewaan sepeda motor sangat sedikit bahkan bisa dibilang sama sekali tidak ada. Kebanyakan wisatawan menyewa mobil harian yang biaya sewa sehari bisa sebesar 600 sampai 800K. Nyesek? Sangat, apalagi untuk wisatawan low budget seperti saya.

Namun sepertinya Tuhan mungkin masih merestui keinginan saya untuk maen di Manado. Saya dipertemukan dengan pak Anto, driver berpengalaman yang bersedia menyewakan mobilnya dengan harga murah. Untuk sewa mobil sehari, include driver dan bensin, saya hanya dikenai harga 500K. Ketika saya minta tolong diantar ke beberapa destinasi wisata di luar kota Manado (Makam Tuanku Imam Bonjol, Danau Linow,dll) beliau hanya minta tambahan 100K.

Pelayanan pak Anto kepada pelanggan sangat memuaskan. Sebagai driver, beliau membawa mobil dengan hati-hati. Beliau juga tak sungkan memfoto kami ketika berada di lokasi wisata. Merangkap sebagai guide, pak Anto mampu menjelaskan dengan fasih cerita dari berbagai lokasi yang kami kunjungi. Saat waktunya makan, beliau mengajak kami ke restoran yang menyediakan makanan halal, mengetahui bahwa kami muslim.

Tips pertama jika ingin berwisata ke Manado : cari penyewaan mobil dengan harga semurah mungkin.
Tips kedua : jika anda muslim, minta driver membawa anda ke rumah makan halal. Atau jika ingin cari aman, bisa  ke rumah makan Padang saja.

Pak Anto juga melayani antar jemput dari Bandara dengan harga lumayan murah, tergantung pinter-pinter kita nego. Biasa ‘ngetem’ di Bandara, beliau bisa dengan mudah ditemui di gate keluar bandara.


Salah satu daya tarik Manado adalah pantainya yang indah, Pantai Malalayang. Dikelilingi tempat kuliner dan pusat perbelanjaan, pantai ini ramai dikunjungi orang setiap hari. Menyediakan pemandangan Manado tua dan ketenangan pantai yang berombak tenang, menginap di sekitar pantai Malalayang pun merupakan sebuah pilihan. Banyak hotel dan penginapan di sekitar pantai, mulai hotel dengan harga mahal sampai yang murah.

Tips ketiga : cari hotel murah namun bagus, dekat dengan tempat makan dan memiliki pemandangan bagus. Hotel di sekitar pantai Malalayang bisa menjadi pilihan. Sebaiknya jangan menginap di tengah kota karena jalanan Manado sering macet. Anda tak mau sering terjebak macet saat liburan,bukan?.


Well, sekian cerita Manado kali ini. Seperti biasanya, saya berharap semoga saya bisa kembali kesana suatu saat nanti dalam keadaan yang lebih baik lagi. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Joger dan Krisna, pilih mana?

Christine Klappertaart, oleh-oleh nikmat khas Manado yang wajib banget dibawa pulang

Berkunjung ke SD Muhammadiyah Gantong (meski hanya replika)